Menhub Puas Akan Skybridge Stasiun Solo Balapan

By Admin

Foto/dok. KAI   

nusakini.com - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro menerima kunjungan kerja dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun Solobalapan, Sabtu (1/4/2017) lalu.

Budi Karya Sumadi meninjau sky bridge (jembatan layang) yang menghubungkan Terminal Tirtonadi - Stasiun Solo Balapan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi puas akan progres pembangunan proyek ini. Skybridge penghubung Stasiun Balapan dengan Terminal Tirtonadi Solo ditargetkan rampung April 2017 ini. Saat ini, pembangunan jembatan intermoda transportasi itu tinggal menunggu pemasangan lift dan eskalator.

Direktur PT Kereta Api Properti Manajemen (KAPM), Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan, lift dan eskalator segera tiba di Solo. Fasilitas lift dan nantinya akan lebih difungsikan bagi penyandang disabilitas. Bagi masyarakat umum, disediakan eskalator dan tangga berjalan. Jembatan penghubung atau skybridge antara Stasiun Solo Balapan dengan Terminal Tirtonadi, akan mulai diuji coba pada 20 April mendatang. Skybridge diperkirakan dapat dimanfaatkan secara keseluruhan pada akhir April 2017.

KAI juga akan memasang mesin otomatis penjual tiket kereta atau vending machine di Terminal Tirtonadi. "Kita pasang gate juga. Jadi hanya yang berkarcis yang bisa melewati skybridge," ujar Dwiyana. Adapun pembangunan skybridge dibagi menjadi dua bagian. Bagian Pemerintahan Kota (Pemkot) Surakarta dibangun lebih dahulu, yakni sepanjang 437,9 meter dengan lebar 3 meter. Kemudian dilanjutkan pembangunannya oleh PT KAI, sepanjang 215 meter dengan lebar 4 meter.

Budi Karya Sumadi mengatakan, skybridge merupakan bagian penting dari integrasi antarmoda transportasi. Ditambah lagi akan dibangunnya jalur kereta penghubung stasiun di Solo dan Bandara Adi Soemarmo di Boyolali. "Kita sudah tidak ngomong Solo saja, tapi juga Klaten, Madiun, dan banyak lagi. Dia yang dari Madiun naik bus, bisa langsung naik kereta api ke bandara. Atau yang dari Klaten bisa pilih ke Yogyakarta atau Solo. Intermoda ini satu kekuatan," ujarnya.

Setelah mendengarkan paparan tersebut rombongan menyempatkan diri untuk menyapa penumpang di dalam KA Prameks yang hendak berangkat dari Stasiun Solobalapan dilanjutkan dengan peninjauan skybridge dan wawancara dengan media. (p/mk)